Sumber : http://mr-kodok.blogspot.com/2014/02/cara-membuat-teks-berjalan-pada-title.html#ixzz30cXmhUrj

DAFTAR ISI

Jumat, 14 Februari 2014

Jersey terbaik 2013

Jersey manakah yang terpilih sebagai yang terbaik sepanjang 2013 versi Goal Indonesia?
Pada awalnya seragam pada tim sepakbola mulai digunakan dalam upaya "memperadabkan" sepakbola itu sendiri.
Sepakbola yang identik dengan kekerasan dan kerusuhan massal di Inggris Raya mulai dimodernisasi pada pertengahan abad ke-19. Berbagai pasal peraturan diperkenalkan dan salah satunya tim yang bertanding harus menggunakan warna yang berbeda supaya mudah diidentifikasi baik oleh kawan maupun lawan.

Pada 1857, klub Inggris Sheffield FC melansir sebuah peraturan yang berbunyi, "Setiap pemain harus bisa menyediakan dirinya sendiri dengan topi flanel berwarna merah dan biru gelap untuk dikenakan oleh masing-masing pihak". Itulah untuk kali pertama masalah penyeragaman warna disinggung dalam peraturan sebuah klub sepakbola. Baru pada 1870 klub-klub Inggris menyadari pentingnya pakaian seragam sebagai sebuah identitas. Pada final Piala FA 1872, Wanderers dan The Royal Engineers bertanding dengan mengenakan seragam warna-warni.

Di era sepakbola milenium, lebih dari satu abad setelah perintisan tersebut, makna seragam berkembang sangat luas. Tidak hanya sebagai identitas klub, seragam atau jersey menjadi senjata utama dalam mengeruk pemasukan kas. Kita mengenalnya dengan istilah "merchandising". Bahkan tak jarang jersey klub merupakan sebuah karya seni tersendiri berkat nilai-nilai yang dilambangkannya.

Goal Indonesia menyadari jersey sudah sangat lekat dengan sepakbola kiwari. Tahun lalu kami merilis daftar 100 jersey terbaik yang mendapat perhatian luas dari para pembaca. Dengan alasan itu ditambah keinginan merayakan sepakbola secara luas mendorong kami menerbitkan edisi 100 jersey terbaik yang diluncurkan sepanjang 2013, termasuk beberapa seragam tim peserta Piala Dunia yang telah diperkenalkan kepada publik usai undian grup awal Desember lalu.

Kami mengawali rangkaian fitur spesial ini dengan menggelar jajak pendapat jersey favorit pilihan pembaca untuk Liga Primer Inggris, Serie A, dan Indonesia Super League. Hasil jajak pendapat turut diperhitungkan dalam penilaian redaksi serta dewan juri utama yang akhirnya dikumpulkan ke dalam daftar.

Dalam daftar ini, seperti bisa dilihat dalam grafis di bagian bawah tulisan, kategori jersey home masih menjadi pilihan yang terbanyak. Sebanyak 56 jersey kandang, 35 jersey tandang, serta sembilan jersey ketiga masuk ke dalam daftar. Sementara, Jerman menjadi asal negara terbanyak jersey, termasuk timnasnya, yaitu 15 nominator.

Untuk kategori apparel, adidas memuncaki daftar dengan 28 rancangannya dan meninggalkan Nike di tempat kedua dengan selisih empat buah saja. Puma ada di tempat ketiga dengan delapan rancangan. Paling menarik melihat posisi di luar tiga besar karena apparel-apparel yang relatif kurang populer bersaing masuk daftar, antara lain seperti Macron, Joma, dan hummel.

Daftar selengkapnya dapat disimak dengan mengklik tautan di akhir artikel ini. Kami sadar pro dan kontra tetap akan bermunculan mengingat pemeringkatan juga bersinggungan dengan masalah selera, tetapi dengan menyertakan banyak anggota penilai dalam proses penjurian, kami harapkan bisa mewakili adanya obyektivitas.

Terakhir, nantikan edisi spesial jersey kami yang berikutnya! Selamat menyimak!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar